KPU Banjar Baru Kunjungi KPU Gianyar Dalam Rangka Peningkatan Kualitas SDM

  • 13 Januari 2020
  • 11:05 WITA
berita_202001020135_KPUBanjarBaruKunjungiKPUGianyarDalamRangkaPeningkatanKualitasSDM.jpg

KPU Kabupaten Gianyar menerima kunjungan Anggota KPU Banjarbaru Divisi Teknis, Bakhrudin dan anggota divisi Hukum dan Pengawasan  Romzi Fahmi, dan staf, pada Senin, 13 Januari 2020. Rombongan diterima oleh Anggota komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar yaitu Ni Luh Putu Reika Chrisyanti, AA Eka Putra, I Wayan Mura, dan I Komang Endra Gunawan. beserta kasubag dan staf sekretariat.

KPU Kota Banjar Baru merupakan salah satu dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Kalimantan Selatan. Pada kesempatan tersebut, Romzi Fahmi  menjelasakan maksud kunjungannya yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas SDM dalam  tahapan pencalonan  dan penyelesaian sengketa hukum.

I Wayan Mura selaku divisi Hukum dan Pengawasan KPU Gianyar mengungkapkan kegiatan kunjungan ini diisi dengan diskusi dan tukar informasi denagn KPU Banjarbaru, antara lain  membahas penanganan DPTB serta berbagi pengalaman bagaimana kinerja KPU Gianyar pada Pilkada Gianyar 2018 dan pemilu tahun 2019 yang  tanpa sengketa.

KPU Kota Baru menanyakan kiat-kita peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Gianyar yang mencapai kisaran 89 %. Menanggapi hal tersebut, Endra Gunawan selaku divisi Sosialisasi dan Parmas mengungkapkan pihaknya banyak dibantu dengan peranan tokoh adat di masing-masing desa sehgingga selain gencanya sosialsiasi yang menyasar setiap segmen pemilih, koordinasi denagn pihak pemerintah dawerah, peran tokoh masyarakat dinilai sangat penting.

Di tahun 2020 meskipun di Kabupaten Gianyar tidak melaksanakan Pilkada namun kegaitan yang direncanakan cukupp padat, anatara lain audiensi Rumah Pintar pemilu, pemanfaatan Pojok Pers untuk ajang diskusi, juga studi komparasi yang dialksanakan ke 6 KPU Kabupaten /Kota di Bali yang anggarannya difasilitasi oleh Kesbangpol Gianyar. Kegaiatn ini akan dilaksanakan pada tahap pencalonan dan pembentukan badan adhoc.

Usai berbincang rombongan diajak berkeliling melihat Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Gianyar, dan paar tamu dari KPU Kota  Banjar Baru berkenan menorehkan kesan dan pesannya di papan kenangan yang disedikan di depan kantor. (kr)

Komentar