Demi Tertib Pelaporan SPIP, KPU Gianyar Hadiri Rakor di KPU Provinsi Bali

  • 14 Januari 2020
  • 10:50 WITA
berita_202001040157_DemiTertibPelaporanSPIP,KPUGianyarHadiriRakordiKPUProvinsiBali.jpg

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar mengikuti rapat koordinasi dan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diselenggarakan KPU Provinsi Bali di Denpasar, Selasa (14/1/2020). Rapat koordinasi yang dihadiri oleh divisi hukum dan pengawasan serta kasubbag hukum KPU Kabupaten /Kota se- Bali membahas penyusunan laporan tahunan dan isu-isu strategis terkait peraturan Pilkada Serentak 2020.

Dibuka oleh Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Bali Anak Agung Gede Raka Nakula , KPU Provinsi Bali menyampaikan perlunya penyamaan persepsi yang harus dilakukan terutama dalam hal penyusunan laporan SPIP. Agung Nakula meminta kepada KPU Kabupaten/Kota untuk dapat menyampaikan laporan SPIP ke KPU RI dengan tepat waktu.

Secara teknis disampaikan materi mengenai penyusunan laporan triwulan ke IV dan laporan tahunan SPIP oleh Kepala Bagian Hukum Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Provinsi Bali Melgia C. Van Harling. Untuk format penyusunan disampaikan ekpada seluruh satker untuk berpedoman pada Keputusan KPU nomor 443 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan SPIP pada Komisi Pemilihan Umum.  Secara umum KPU Bali juga telah menyediakan template laporan yang akan menjadi acuan KPU Kabupaten/Kota dalam penyusunan laporan tahunan.

Demi tertib administrasi, sesuai Juknis Nomor 443, KPU Provinsi/Kabupate/Kota wajib menyampaikan laporan Triwulan 1, 2, 3 setiap tanggal 15 pada akhir triwulan dan laporan triwulan IV disampaikan bersamaan dengan Laporan tahunan tidak melebihi tanggal 20 Januari. Untuk itu kepada semua KPU Kabupaten/Kota diharapkan dapat menyampaikan laporan tahunan paling lambat tanggal 18 Januari 2020 sehingga dapat dilporkan ke Inspektorat KPU RI tepat waktu. (kr)

Komentar