KPU Gianyar Sinkronisasi Data Pemilih Dalam Ajang Pemilihan Kepala Desa

  • 19 Januari 2020
  • 12:10 WITA
berita_202001040128_KPUGianyarSinkronisasiDataPemilihDalamAjangPemilihanKepalaDesa.jpg

 

Absennya Kabupaten Gianyar dalam Pilkada 2020 karena telah melaksanakan Pilkada tahun 2018, tidak membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar beserta jajarannya berpangku tangan. KPU Kabupaten Gianyar secara berkesinambungan melaksanakan pemutakhiran data pemilih, hal tersebut telah direncanakan dalam Rencana Kerja yang ditetapkan KPU Gianyar di awal tahun 2020. .

Sesuai hasil rapat pleno rutin, KPU Gianyar menyusun kegiatan pemutakhiran data pemilih tersebut berupa monitoring data pemilih yang dilaksanakan saat Pemilihan Kepala Desa  di Kabupaten Gianyar yang dilaksanakan serentak tanggal 19 Januari 2020. 

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gianyar jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkel serentak ini sebanyak 161.000 orang. Masyarakat di 29 desa di 7 kecamatan akan menentukan hak pilihnya dari 77 calon yang ada. Dari 77 calon perbekel itu sebanyak 19 orang merupakan calon incumbent.

Menurut Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gianyar, I Wayan Gede Subayasa, PMD Kabupaten Gianyar telah merampungkan pendataan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yaitu 161.000 orang. Ditemui terpisah, Anggota KPU Gianyar Divisi Perencanaan dan Data, AA Eka Putra mengatakan dari angka ini tentunya belum didapat angka pasti mengenai perbedaan jumlah pemilih mengingat dari 70 desa yang ada di Kabupaten Gianyar, hanya 29 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa. Sehingga nantinya jika sudah diperoleh data penduduknya, maka KPU Kabupaten Gianyar akan melakukan rekap per TPS di masing-masing desa. Meskipun tidak mendapatkan data mutakhir keseluruhan desa, setidaknya akan meringankan tugas jajaran KPU Gianyar untuk mensinkronkan data pemilih untuk menghasilkan data yang terupdate di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar. (kr)

Komentar