Sosialisasi dan Apresiasi Kepada Penyandang Disabilitasl di Siangan, Gianyar

  • 14 Februari 2020
  • 12:00 WITA
berita_201402030237_SosialisasidanApresiasiKepadaKaumDifabeldiSiangan,Gianyar.jpeg

Bertepatan dengan hari Kasih Sayang, KPU kabupaten Gianyar mendatangi Yayasan Bhakti Senang Hati yang berada di desa Siangan, Gianyar Jumat (14/2/2020). Kunjungan ini dalam rangka sosialisasi pendidikan pemilih dengan basis penyandang disabilitas sekaligus memberikan apresiasi kepada mereka, mengingat partisipasi mereka dalam pemilu 2019 baik sebagai pemilih maupun Relawan Demokrasi. 

Menurut Komang Endra Gunawan, Anggota KPU Gianyar divisi Sosialisasi, SDM, dan Parmas, peran serta dan partisipasi aktif para pemilih dari kaum difabel yang bernaung dalam yayasan ini sangat besar terutama dalam mensosialisasikan tata cara memilih dan partisipasi aktif dalam menggugah kesadaran masyarakat bahwa setiap warga negara yang sudah memenuhi syarat sebagi pemilih berhak memilih terlepas dari apapun kondisi fisik mereka. “Tugas mereka sebagai relawan demokrasi dalam mensosialisasikan tahapan pemilu pada kelompok penyandang disabilitas sangat berat karena juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 pada segmen disabilitas,”ujar Endra.

Dalam pelaksanaan pesta demokrasi, salah satu faktor yang sangat penting yaitu adanya keterlibatan masyarakat umum serta keterlibatan penyandang disabilitas yang sering terabaikan, sehingga tanpa keterlibatan masyarakat maka semua pemilu tidak akan penting. Adanya partisipasi pemilu yang melibatkan seluruh masyarakat Indonesia yang telah memiliki hak pemilu inilah konteks sesungguhnya demokrasi. Saat ini tingkat partisipasi politik penyandang disabilitas di beberapa tempat di Indonesia masih tergolong rendah, sehingga untuk menjawab tantangan tersebut, KPU Gianyar senantiasa memprioritaskan pemenuhan hak bagi kaum difabel, antara lain menyediakan akses bagi mereka yang menggunakan kursi roda di kantor KPU Kabupaten Gianyar sehingga siapapun dapat mendatangi KPU Gianyar untuk meminta informasi maupun hal lainnya terkait Pemilu.

Di akhir acara KPU Gianyar membagikan bunga dan bingkisan sebagai ungkapan berbagi kasih sesuai dengan tema sosialsiasi yaitu Berbagi Cinta Untuk Demokrasi Indonesia. (kr)



 

Komentar