Baca Berita

SYARAT MINIMAL DUKUNGAN CALON PERSEORANGAN DALAM PILKADA GIANYAR 2018 ADALAH SEJUMLAH 30.525 ORANG

Oleh : | 10 September 2017 | Dibaca : 203 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar menetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan Dalam Pilkada Gianyar 2018 adalah sejumlah 30.525 Pemilih. 

Hal tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno terbuka tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Terakhir Sebagai Dasar Penghitungan Jumlah Minimal Dukungan Persyaratan Pasangan Calon Perseorangan yang digelar pada hari Minggu (10/9/2017) bertempat di ruang rapat Kantor KPU Kabupaten Gianyar, Jalan Jata Gianyar .

Rapat Pleno dihadiri pihak -pihak terkait, yaitu Polres, Dandim, Panwas Kabupaten Gianyar, Kesbangpol, Disdukcapil, BNN Kabupaten Gianyar, serta 12 Partai Politik peserta pemilu 2014 di Kabupaten Gianyar.

Rapat Pleno dibuka oleh Ketua KPU Gianyar AA Gede Putra, diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Dalam sambutannya, Agung Putra menyampaikan kepada para hadirin bahwa Sesuai dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa syarat minimal dukungan calon perseorangan berdasarkan DPT Pemilu terakhir atau Pilpres 2014 dikali 8,5% (untuk di Kabupaten Gianyar) dengan penghitungan  359.116 x 8,5 % =30.525 (tiga puluh ribu lima ratus dua puluh lima) dukungan yang tersebar dilebih dari 50 % (lima puluh perseratus) jumlah Kecamatan di Kabupaten Gianyar, yaitu minimal di 4 (empat) Kecamatan.

Sedangkan untuk Penduduk yang berhak memberikan dukungan adalah penduduk Daerah Kabupaten Gianyar yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, yaitu telah genap berusia 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada saat memberikan dukungan atau sudah/pernah kawin.

Ada pengecualian bagi penduduk yang menjadi Anggota Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Negeri Sipil, KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Gianyar, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Panwas Kabupaten Gianyar, Panwas Kecamatan, PPL, pegawai kesekretariatan penyelenggara Pemilihan, pengawas Pemilihan, Kepala Desa atau sebutan lain dan perangkat Desa atau sebutan lain dilarang memberikan dukungan kepada Pasangan Calon perseorangan.

Sementara itu syarat Pencalonan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2018 adalah:

a. jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten Gianyar pada Pemilu 2014 adalah 40 x 20%  = 8 (delapan) Kursi.

b.  jumlah seluruh suara sah hasil Pemilu 2014 sejumlah 291.189 x 25% = 72.797,25 dibulatkan ke atas menjadi 72.798 (tujuh puluh dua ribu tujuh ratus Sembilan puluh delapan) suara dan hanya berlaku bagi Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Gianyar.

Rapat pleno dilanjutkan dengan sosialsiasi tahapan pencalonan oleh divisi teknis, I Putu Agus Tirta Suguna. Disampaikan bahwa pengumuman syarat minimal dukungan, dan penyampaian syarat dukungan calon perseorangan sesuai PKPU NO 1 Tahun 2017 dilaksanakan di bulan Nopember 2017. (kr)


Oleh : | 10 September 2017 | Dibaca : 203 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter